//
you're reading...
Tulisan

Saluran Distribusi

Saluran Distribusi

Saluran distribusi atau saluran pemasaran adalah suatu perangkat operasi yang saling tergantung dalam menyediakan suatu produk atau jasa untuk digunakan atau dikonsumsi oleh konsumen atau pengguna bisnis.

Tiga macam strategi Distribusi

  • Distribusi intensif

Menyediakan produk mereka sebanyak mungkin

Contohnya: produk sabun, pasta gigi,  minuman

  • Distribusi Eksklusif

Memberikan hak keangenan ekslusif dalam jumlah terbatas untuk mendistribusikan produknya dalam wilayah mereka.

Contohnya: mobil & barang-barang merek

  • Distribusi Selektif

Penggunaan lebih dari satu perantara

Contohnya: alat elektronik

Menetapkan sasaran saluran dipengaruhui oleh:

a)      Sifat produk

b)      Karakteristik perusahan

c)       Karakteristik perantara

d)      Saluran pesaing

e)      Factor-faktor lingkungan

Tanggung jawab anggota saluran :

  1. Kebijakan harga
  2. Kondisi penjualan
  3. Hak territorial
  4. Pelayanan spesifik yang dilakukan setiap pihak

Manajemen saluran distribusi:

  • Memilih anggota saluran
  • Memotivasi anggota saluran
  • Mengevaluasi anggota saluran

Tingkat saluran distibusi:

  • Saluran distribusi langsung ada;ah saluran yang tidak mempunyai tingkat perantara saluran langsung terdapat beberapa cara:
    • Dari rumah ke rumah
    • Lewat tokoh-tokoh
    • Lewat pos
  • Saluran distribusi tak langsung merupakan saluran yang terdiri dari satu tingkat perantara atau lebih.
    • Saluaran tingkat Satu
    • Saluaran tingkat dua
    • Saluran tingkat tiga


About bloguli

haloo... my name is a saut hasibuan DIAM Seperti kata-kata, di dalam diam juga ada kekuatan. Diam bisa dipakai untuk menghukum, mengusir atau membingungkan orang. Tapi lebih dari segalanya, diam juga bisa menunjukkan kecintaan kita pada seseorang karena memberinya ”ruang”. Terlebih jika sehari-hari kita sudah terbiasa gemar menasehati, mengatur, mengkritik bahkan mengomel.

Diskusi

Belum ada komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: